Yang namanya Blogger harus tahu dong istilah-istilah yang di gunakan dalam dunia blog (blogsphere). Istilah-istilah itu mungkin anda temui ketika anda sedang asyik blogging. Maka dari itu bagi teman-teman yang mungkin belum tahu betul istilah-istilah yang di gunakan dalam ngeblog, saya akan menceritakan nya disini. Hehehe...:D Sekaligus menambah wawasan kita dalam dunia blog. ya nggak...? Sebenarnya kamus ini saya dapat dari jjs ke blog teman-teman dan hingga akhirnya saya sampai pada suatu situs berita, saya sudah lupa nama situsnya apa. Dan dari situs itu lah saya mendapatkan kamus blogger ini. Tanpa banyak cerita lagi mari kita simak istilah-istilah apa saja yang digunakan dalam dunia blog.
A-List: Sebuah daftar blogger-blogger yang memiliki blog dengan
traffic relatif tinggi dan banyak dikenal di dunia blogging. Biasanya
merujuk pada daftar 100 Technorati Blog.
Adsense: Jaringan periklanan online yang paling terkenal di internet.
Adsense dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada
para blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan
menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. Setiap kali seseorang
mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan
mendapatkan sejumlah komisi.
Adwords: Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan
perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan
produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per click
(CPC). Seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang
hendak dibidiknya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap
kliknya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google
maupun di unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti
program Adsense.
Affiliate Marketing: Disebut juga affiliasi, adalah sebuah cara yang
sangat populer untuk mendapatkan uang dari internet dimana seorang
pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk
memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.
Komisi bisa bersifat tetap atau berubah-ubah, dan bisa berdasarkan
klik, leads atau penjualan yang terjadi.
Akismet: Plugin filter spam untuk blog berplatform WordPress yang
sangat populer. Dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang
membuat kode WordPress, Automattic.
Alexa: Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang
memantau traffic semua situs yang ada di internet. Sistem ranking
yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser
pengguna internet. Belakangan mereka mengubah algoritme ranking
ini untuk menghilangkan bias toolbar yang banyak menguntungkan
situs-situs bertopik teknologi. Semakin rendah ranking Alexa, maka
semakin tinggi trafficnya. Walaupun demikian terdapat sejumlah
kontroversi mengenai akurasi ranking Alexa ini.
Anchor Text: Teks yang digunakan di dalam back link. Kebanyakan
pakar optimasi mesin pencari (SEO) sepakat bahwa anchor text
merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi posisi
ranking sebuah situs atau blog di hasil pencarian search engine.
Atom: Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai
alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan updates
artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
Automattic: Perusahaan yang didirikan oleh Matt Mullenweg dan
bertanggungjawab terhadap pengembangan WordPress.org (software
blog) dan WordPress (hosting) selain proyek-proyek lainnya.
Backlink: Hiperlink yang tampil di blog atau situs lain dan menaut
pada halaman utama atau halaman lain dalam suatu blog atau situs.
Backlink penting karena Google dan mesin pencari yang lain
mempergunakan jumlah dan kualitas backlink sebagai ukuran tingkat
kepercayaan sebuah blog atau situs.
Blackhat: Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali
tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu.
Menyembunyikan teks dibalik gambar atau mempergunakan halaman
doorway dengan re-direct adalah contoh teknik-teknik blackhat.
Blog: Suatu jenis situs dimana sang pemiliknya mempublikasikan
pikiran, ide atau pengetahuan mengenai topik tertentu. Biasanya
isinya berupa artikel, yang disebut post, dan disusun berdasarkan
urutan kronologis. Awalnya blog muncul sebagai diary online, namun
saat ini blog mencakup berbagai macam ceruk topik, dan bersaing
ketat dengan media massa kebanyakan.
Blog Carnival: Sebuah event ketika para blogger berkumpul untuk
untuk membuat sebuah koleksi artikel mengenai sebuah topik
tertentu. Biasanya blog carnival hanya terdiri dari satu blog dengan
sejumlah blog yang berpartisipasi mengirimkan artikelnya.
Blogger: Seseorang yang memiliki blog. Blogger juga merupakan
nama komersil platform dan hosting blog gratis milik Google (yang
lebih dikenal dengan nama ekstensi Blogspot).
Blogging: Aktivitas menulis sesuatu di dalam blog. Bisa juga berarti
aktivitas yang lebih luas yang dilakukan oleh seorang blogger
(misalnya berinteraksi dengan pembaca, mempersiapkan materi konten, dan lain-lain).
Bloglines: Salah satu RSS Feed Reader yang paling populer. Bloglines
merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan penggunanya
untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed.
Blogosphere: Istilah yang dipergunakan untuk menjelaskan dunia
yang diciptakan oleh jaringan blog.
Blogroll: Fitur blog yang sangat populer yang memungkinkan pemilik
blog menampilkan daftar blog-blog lain yang direkomendasikannya.
Fitur ini biasanya ditampilkan di bagian sidebar. Namun saat ini
semakin sedikit blog yang menampilkan blogroll.
Comments: Hampir semua platform blog memungkinkan pembacanya
untuk memberikan komentar dan meninggalkan feedback di setiap
halaman posting artikel sebuah blog. Fitur inilah yang membuat blog
menjadi sebuah media percakapan langsung dan telah menjadi salah
satu faktor kesuksesan blog di dunia internet.
Comment spam: Komentar yang ditulis semata-mata untuk
mendapatkan backlink dan diharapkan akan memberikan aliran traffic
pengunjung ke blog pihak yang menuliskan komentar spam tersebut.
Compete: Perusahaan analis web, seperti halnya Alexa, yang
memantau dan memperkirakan jumlah traffic situs atau blog.
CPC: Kependekan dari cost-per-click, dan ia merepresentasikan suatu
bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser)
memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik
iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya.
Di sisi lain, terdapat penerbit iklan (publisher) yang menampilkan iklan
CPC di situs atau blognya dan mendapatkan uang untuk setiap klik
yang dilakukan pengunjung situs atau blognya. Jaringan iklan CPC
paling terkenal adalah Google Adwords.
CPA: Kependekan dari cost-per-action, dan ia merepresentasikan
suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan
membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan
tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau
membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi
menggunakan skema CPA.
CPM: Kependekan dari cost-per mille, dimana mille berarti 1000
dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000
impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising
dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika
iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di
sebuah situs atau blog.
CSS: Kependekan dari Cascading Style Sheets, dan merupakan
bahasa pemrograman yang dipergunakan untuk membuat halaman
wes yang ditulis dengan kode HTML atau XHTML. Kelebihan CSS
adalah memungkinkan Anda untuk mengontrol tampilan halaman situs
secara bersamaan dari lokasi yang sama (file CSS).
Digg: Situs social bookmarking paling terkenal di dunia. Pada
dasarnya Digg adalah sebuah situs yang dihidupi oleh penggunanya,
dimana anggota komunitas Digg memberikan vote terhadap sebuah
artikel yang akan tampil di halaman depan situs tersebut. Bagi
kebanyakan pemilik situs, tampil di halaman depan Digg adalah
sebuah kebanggaan. Ia bisa memberikan ribuan pengunjung hanya
dalam waktu sehari. Meskipun demikian, terdapat kontroversi
terhadap kualitas traffic pengunjung yang datang dari Digg karena
pengunjung biasanya jarang kembali lagi dan jarang meng-klik iklan.
Domain: Juga dikenal sebagai nama domain atau nama hosting
domain, adalah nama situs atau blog yang tercatat di dalam dunia
internet. Contoh nama domain adalah Yahoo.com.
Duplicate content: Konten hasil duplikasi (biasanya berupa
teks/artikel) dalam sebuah situs atau blog. Mesin pencari (misalnya
Google Search Engine) cenderung menjatuhkan penalti untuk situs
atau blog dengan konten-konten hasil duplikasi.
Favicon: Kependekan dari "Favorite Icon", adalah sebuah ikon yang
diasosiasikan dengan logo sebuah situs atau blog dan akan muncul
pada bagian browser atau bagian bookmark. Favicon dimaksudkan
untuk memudahkan mengidentifikasi sebuah situs atau blog.
Feed: Disebut juga feed web atau feed news, adalah sebuah format
data yang digunakan di dunia internet untuk memudahkan
penggunanya mendapatkan updates artikel dari situs atau blog
favoritnya. Terdapat dua jenis format utama feed: RSS Feed dan Atom
Feed.
Feed Count: Biasanya merujuk pada widget dari FeedBurner yang
berfungsi memberikan laporan jumlah pelanggan RSS pada suatu situs
atau blog.
FeedBurner: Sebuah perusahaan online milik Google yang
menyediakan layanan RSS Feed. FeedBurner merupakan layanan
gratis yang menyediakan RSS Feed dengan berbagai fitur menarik,
dan memudahkan pemilik situs atau blog mengumpulkan data statistik
RSS Feed situs atau blognya.
FTP: Kependekan dari File Transfer Protocol. FTP merupakan sebuah
protokol jaringan yang digunakan untuk mentransfer data dari satu
komputer ke komputer lainnya. Jika Anda menggunakan layanan
perusahaan hosting, Anda membutuhkan FTP untuk mentransfer file
situs Anda dari komputer Anda ke server perusahaan hosting tersebut.
Google Analytics: Sebuah layanan gratis dari Google yang memberi
pemilik situs sejumlah informasi dan data statistik mengenai jumlah
traffic dan pengunjung situsnya. Google Analytics juga dikenal sebagai
salah satu layanan web paling terpercaya (layanan lain seperti
Webalizer atau AWStats cenderung melebihkan angka dengan
memasukkan traffic bukan-manusia ke dalam data yang dihasilkan).
Google Reader: RSS Reader paling populer di dunia internet. Google
Reader merupakan aplikasi berbasis web yang memungkinkan para
penggunanya untuk berlangganan dan mengelola RSS Feed situs atau
blog tertentu. Karena saking populernya, banyak situs yang
menampilkan badge khusus Google Reader agar pembacanya bisa
berlangganan RSS Feed melalui Google Reader.
Hotlinking: Juga dikenal dengan sebutan tautan inline dan pencuri
bandwith, hotlinking merujuk pada praktek-praktek menggunakan
obyek tertentu (seringkali berupa gambar) dari satu situs ke dalam
situs yang lain. Meskipun praktek ini awalnya merupakan bagian dari
desain besar dunia web, namun belakangan orang cenderung
mengaitkannya dengan praktek penyalahgunaan. Ketika Anda
melakukan hotlinking sebuah gambar yang ada di situs lain, misalnya,
Anda telah "mencuri" bandwith situs tersebut dan kemungkinan besar
juga telah melanggar hak ciptanya.
Linkbait: Segala macam konten (artikel, tools, kuis, video, gambar)
yang dibuat dengan tujuan utama untuk menarik link ke situs yang
bersangkutan. Kuantitas dan kualitas backlink adalah salah satu faktor dibalik sistem algoritma mesin pencari Google, itulah alasan mengapa
orang sangat memperhatikannya. Bahkan ada pemasar online yang
mengkhususkan diri menciptakan cara promosi linkbait.
Movable Type: Sofware blogging yang diciptakan oleh Six Apart.
Pada tahun 2007 Movable Type menjadi layanan blogging gratis
(dikeluarkan dibawah ketentuan GPL atau General Public License).
Meta tags: Meta tags adalah kode-kode HTML yang ada di bagian
halaman sebuah situs. Tidak seperti tag HTML yang lain, meta tags
tidak muncul di halaman posting, sehingga kebanyakan pengunjung
tidak pernah melihatnya. Meta tags yang berbeda memiliki fungsi yang
berbeda, namun secara umum semuanya digunakan untuk
memberikan informasi tambahan mengenai kondisi sebuah halaman
situs kepada robot mesin pencari.
Niche: Dalam jargon dunia internet, niche merujuk kepada sebuah
topik atau subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau
lebih niche. Contoh-contoh niche misalnya adalah olahraga, gosip,
humor dan keuangan. Beberapa niche dianggap lebih populer dan
menguntungkan ketimbang yang lain.
Nofollow: Juga disebut sebagai tag nofollow, adalah sebuah tag yang
disisipkan dalam kode link yang berfungsi untuk memerintahkan robot
mesin pencari agar mereka tidak mengikuti link bersangkutan, dan
karenanya tidak menganggapnya sebagai link yang sesungguhnya.
Google dan mesin pencari yang lain merekomendasikan agar semua
link berbayar menggunakan tag nofollow.
PageRank: Juga sering disebut Google PageRank, adalah sebuah
sistem metrik yang digunakan oleh Google untuk menilai tingkat
kepercayaan sebuah situs. Google PageRank memiliki nilai skala dari 0
hingga 10, dimana 10 adalah nilai tingkat kepercayaan tertinggi yang
bisa Anda dapatkan. Terdapat algoritme yang rumit dibalik skala
PageRank, namun faktor terpenting yang mempengaruhinya adalah
jumlah dan kualitas backlink sebuah situs atau blog. Nilai PageRank
(yang bisa dilihat menggunakan Google Toolbar) di-update setiap
setiap tiga bulan sekali.
Page Views: Juga biasa disebut impresi. Setiap kali pengguna
internet membuka sebuah halaman situs tertentu, satu page view
akan dihitung. Seorang pengguna internet, misalnya, bisa
mendapatkan sejumalh page views selama mengunjungi sebuah situs.
Situs-situs populer bisa mendapatkan jutaan page views setiap
bulannya.
PHP: Kependekan dari Programming Hypertext Processor, adalah
sebuah bahasa pemrograman yang didesain untuk menciptakan
halaman web yang bergerak. Banyak situs (misalnya Digg.com)
dibangun menggunakan PHP, seperti halnya beberapa platform blog
(misalnya WordPress). Jika Anda seorang blogger atau web master,
ada kemungkinan besar Anda akan menggunakan PHP.
Pillar article: Sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro
Starak, untuk merujuk sebuah artikel panjang dan terstruktur, berisi
informasi atau sumber rujukan yang bermanfaat, yang dipublikasikan
di blog. Artikel pilar sangat penting untuk membangun otoritas dan
menarik traffic pengunjung ke blog Anda. Kedua faktor diatas datang
dari blogger yang lain yang mendapatkan manfaat dari artikel pilar
dan menautkan link ke artikel pilar tersebut.
Ping: Sebuah tool jaringan komputer yang digunakan untuk menguji
apakah sebuah komputer atau hosting bisa dibuka di internet. Dalam
jargon dunia blogger dan web master, ping juga berarti tindakan
mengirimkan pesan jaringan ke suatu server untuk menginformasikan
bahwa Anda telah meng-update blog atau situs Anda. Setiap kali Anda
mempublikasikan sebuah posting artikel baru, sebagai contoh, Anda
bisa melakukan ping ke mesin pencari untuk memberitahukan update
yang Anda lakukan.
Pingback: Sebuah tool jaringan yang digunakan untuk memberitahu
sebuah situs ketika seseorang menautkan link atau merujuk kepada
situs tersebut. Kebanyakan platform blog mencatat pingback secara
otomatis. Artinya, manakala seseorang menautkan link ke suatu
artikel yang Anda tulis, link-nya akan muncul di bagian komentar blog
Anda.
Pligg: Sebuah sofware open source yang memungkinkan
penggunanya untuk membuat situs social bookmarking di situsnya.
Situs paling terkenal yang menggunakan sofware Pligg adalah
Sphinn.com.
WordPress Plugin: Kode-kode khusus yang dibuat dengan tujuan
untuk mengembangkan kemampuan sebuah software, dalam hal ini
adalah WordPress. Terdapat ribuan plugin WordPress yang telah
dibuat, dengan fungsi yang sangat beragam.
Pro Blogger: Sebutan untuk seorang blogger profesional yang
mendapatkan penghasilan melalui blog dan hidup dari income yang ia
terima dari aktivitas blogging.
RSS: Kependekan dari Really Simple Syndication. RSS adalah suatu
format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah situs
dan halaman situs yang di-update secara berkala. Sebuah dokumen
RSS (yang disebut feed) berisi ringkasan ataupun keseluruhan konten
dari sebuah situs. Keuntungan terbesar menggunakan RSS adalah
memungkinkan pengunjung sebuah situs untuk tetap berhubungan
dengan situs-situs favorit mereka tanpa harus mengunjunginya secara
online. Manakala Anda berlangganan sebuah RSS Feed, secara
otomatis Anda akan menerima updates konten situs bersangkutan
apabila situs tersebut mempublikasikan konten baru.
Scraper: Seseorang yang menyalin konten dari sumber lain (baik
situs ataupun blog) dan mempublikasikannya di blognya sendiri,
dengan atau tanpa memberikan kredit link, dan tanpa meminta izin
kepada penulis aslinya. Scraper bisa dilakukan secara manual ataupun
otomatis dan biasanya menggunakan tool scraping RSS Feed. Scraper
jelas-jelas merupakan pelanggaran hak cipta.
Splog: Blog yang hanya digunakan untuk mempublikasikan konten-
konten spam. Splogs biasanya berisi teks yang dikopi dari sumber lain,
dikombinasikan dengan link-link situs-situs obat-obatan terlarang,
minuman keras dan judi.
SEO: Kependekan dari search engine optmization. SEO mencakup
sejumlah aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan ranking sebuah
situs di halaman hasil pencarian search engine (terutama Google). Ada
dua jenis aktivitas yang dilakukan yaitu: optimisasi on-page, yakni
mengoptimalkan penggunaan tag dan konten sebuah situs; dan
optimisasi off-page, yakni mengoptimalkan faktor-faktor eksternal
misalnya jumlah dan kualitas backlink, teknik-teknik promosi, dan
lain-lain.
SERP: Kependekan dari search engine results page. Ketika Anda
mencari sebuah kata kunci melalui Google search engine, Anda akan
mendapatkan halaman 10 hasil pencarian yang sesuai dengan kata
kunci yang Anda cari. Halaman itulah yang disebut SERP.
Social Bookmarking: Disebut juga social aggregators atau
community bookmarking. Social Bookmarking adalah situs yang
memungkinkan penggunanya untuk menemukan, mengirimkan,
menyebarluaskan dan memberikan vote terhadap sebuah artikel dari
internet. Situs social bookmarking paling populer adalah Digg.com,
Reddit.com, StumbleUpon.com dan Del.icio.us.
Social Media: Sebuah istilah umum yang digunakan untuk
mendefinisikan situs dan aplikasi web dimana terdapat unsur interaksi
sosial didalamnya (dalam bentuk teks, gambar, suara, video atau
gabungan dari semuanya). Contoh situs social media adalah blog,
forum online, social network, Wikipedia dan lain-lain.
Social Networks: Dalam dunia internet, istilah ini merujuk kepada
sejumlah situs dan aplikasi, dimana tujuannya adalah untuk memberi
kesempatan penggunanya yang memiliki sebuah minat yang sama
untuk saling berhubungan, berinteraksi dan berbagi. Contoh populer
situs social network adalah MySpace.com dan LinkedIn.com.
StumbleUpon: Situs social bookmarking populer yang bertujuan
memampukan para penggunanya untuk menemukan situs-situs baru
dan menarik. StumbleUpon bekerja dengan menggunakan browser
toolbar yang memungkinkan penggunanya untuk memberikan vote
dan meng-klik tombol “Stumble!” yang akan menampilkan sejumlah
situs atau halaman situs berdasarkan pilihan penggunanya dan apa
yang di-vote oleh pengguna lain.
Subscriber: Pengunjung situs atau blog yang berlangganan RSS feed
sebuah situs ataupun berlangganan melalui email. Manakala situs
tersebut di-update dengan konten baru, pelanggan tersebut akan
menerima konten melalui RSS Reader ataupun email. Para web master
dan blogger sangat memperhatikan jumlah pelanggan RSS karena ia
merepresentasikan jumlah pembaca setia dan traffic pengunjung yang
konstan.
Tag: Hampir sama dengan kategori, tag digunakan untuk
mengklasifikasikan sebuah artikel atupun konten dalam sebuah situs.
Tag bersifat lebih fleksibel ketimbang kategori dan biasanya digunakan
dengan cara yang lebih spesifik. Satu artikel atau posting biasanya
diberikan satu kategori besar dan banyak tag di dalamnya.
Technorati: Layanan mesin pencari blog, yang memberikan informasi
tracking blog, tautan link dan posting dari seluruh dunia. Sangat populer meskipun beberapa tahun belakangan mulai kehilangan
perhatian. Salah satu fiturnya yang paling terkenal adalah daftar
Technorati Top 100, yang memberikan ranking 100 blog terpopuler di
dunia berdasarkan jumlah link dari blog lain.
Twitter: Sebuah layanan social networking dan microblogging yang
kini sangat populer. Pengguna Twitter dapat "mengikuti" pengguna
yang lain untuk mendapatkan updates berita terbaru dari mereka.
Setiap update hanya boleh berisi 140 karakter, dengan atau tanpa
hiperlink.
Text Link Ads: Suatu bentuk layanan periklanan online dimana si
pemasang iklan membeli sebuah link di situs lain dengan teks yang ia
pilih sendiri dan biasanya tanpa tag nofollow. Praktek ini sangat
populer hingga kemudian Google mulai memberi penalti situs-situs
yang menjual ataupun membeli teks link dengan tujuan untuk
meningkatkan hasil pencarian search engine.
Trackback: Sebuah tool networking, hampir sama dengan pingback,
yang digunakan untuk memberi informasi kepada sebuah situs ketika
seseorang menautkan link ke situs tersebut.
Unique visitor: Unique visitor adalah jumlah pengunjung manusia
yang masuk ke sebuah situs dalam jangka waktu tertentu, Katakanlah
3 orang mengunjungi sebuah blog pada hari yang sama, 2 orang
mengunjunginya dua kali dan masing-masing membuka 5 halaman
blog. Maka pada hari tersebut, blog ini memiliki 3 unique visitors, 5
total visitors, dan 15 page views.
Viral Content: Konten yang menyebar dengan sangat cepat di dunia
internet, seperti halnya virus flu dalam kehidupan nyata. Kontennya
sendiri bisa berupa artikel, gambar, atau video, namun harus sangat
lucu, kontroversial atau sangat bermanfaat sehingga orang merasa
perlu untuk menulis tentangnya. atau memberitahu temannya
mengenai hal tersebut.
WordPress: Software blogging paling populer di dunia internet,
diciptakan oleh sebuah perusahaan yang bernama Automattic.
WordPress mendapatkan popularitas terutama karena dukungan
komunitasnya yang sangat aktif. Ada ribuan orang yang menyediakan
template gratis, plugin dan dukungan terhadap pengembangan proyek
WordPress.
URL: Kependekan dari Uniform Resource Locator. URL mencakup
nama domain dan protokol yang digunakan. Contoh URL adalah
http://www.namadomain.com.
Viral Marketing: Sebuah teknik pemasaran untuk menyebarluaskan
informasi dengan cepat menggunakan sarana email, blog dan kabar
dari mulut ke mulut. Banyak situs sosial media dan situs sosial
bookmarking juga dipergunakan sebagai sarana viral marketing.
XML: Kependekan dari Extensible Markup Language, yaitu sebuah
format teks sederhana dan sangat fleksibel yang diturunkan dari
SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan
menggunakan teknologi RSS.
Panjang juga ya...???Namanya juga kamus. Belum lagi kalau KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Tau sendiri deh gimana panjangnya...:P Ada yang mau menambahkan...???:D
2009-04-05
Kamus Istilah Blogger
Subscribe now!
Post Comments (Atom)
14 komentar:
Wh.. ini nambah info lagi ni buat aku!!
bisa jadi tahu juga tu istilah di blog!!
Keep posting bro!!
weh lumayan dari pada liat help blogger kesini aja tuh gak capek2 ngartiin englishnya
Wah... lengkap banget... Pasti sangat bermanfaat nih...
Waa aku tahu situs sumbernya nih ! ngomong2 main ke blogku dunks dan tukeran link mau ga !
Daripada bengong, mending komentar...."Info yang bagus kawan. Sungguh menambah wawasan."
wah detail juga nie mas..:) tapi bermanfaat mas infonya
Buset... panjang amat. Tapi bagus nih, jujur aja ada istilah yang belum aku ngerti tapi dijelasin disini. Good... good...good
waaahhhh mantabbb ketemu yang kayak beginian, soalnya saya tidak tau apa itu PageRank, SEO, dan lain2nya dech.... hehehehehe
tapi darisini sedikit ngerti lah...
weleeh..infonyaa mantab terus yee??eh ya, PHP buat blogger ttu bisa gak yaaa???soalnya q pengen banget neeeh...
eiitt, yang dimaksud bukan kita sebagai blogger tapi untuk blogger.com atau blogspot getooo....
wah asek2 dapet informasi baru lagi ni, ak kopi yah mau tak print biar bisa tak baca2 yoo...oia, awardny ud ak pasang yahh...
Bagus infonya sob...salam
Wah ternyata banyak bngt istilah2 yg baru saya ngerti nih :) Nice posting mas..Btw, ada 2 award nih dari saya buat mas, diambil yah di blog saya..cheers :)
info yang menarik, kebetulan saya blm begitu faham dengan istilah2 beginian, maklum baru terjun ke dunia blog.. salam kenal
Leave a Comment
Silahkan menuliskan komentar anda pada opsi Google/Blogger untuk anda yang memiliki akun Google/Blogger.
Silahkan pilih account yang sesuai dengan blog/website anda (LiveJournal, WordPress, TypePad, AIM).
Pada opsi OpenID silahkan masukkan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.
Atau anda bisa memilih opsi Nama/URL, lalu tulis nama anda dan URL blog/website anda pada kotak yang tersedia.
Jika anda tidak punya blog/website, kolom URL boleh dikosongkan.
Gunakan opsi 'Anonim' jika anda tidak ingin mempublikasikan data anda. (sangat tidak disarankan). Jika komentar anda berupa pertanyaan, maka jika anda menggunakan opsi ini tidak akan ditanggapi.